Tradisi I'dul Fitri

Hari raya Idul Fitri adalah hari raya umat islam, yang menjadi puncak tertinggi setelah puasa Ramadhan.'  id  ' artinya kembali, dan ' fitri ' artinya suci maksudnya bersih dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, keburukan. Jadi, idul fitri merupakan hari kembali kepada asal yang bersih dari segala dosa. Pada saat ini lah, setiap muslim dipenjuru dunia saling memaafkan satu sama lain. lalu, bagaimana sih ucapan selamat hari raya idul fitri itu? 

" تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ "

" Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian "

Dengan ucapan dan doa ini, sesama muslim saling mendoakan agar puasa mereka diterima Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sholat tarawih diterima Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sholat witir diterima Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sholat lima waktu diterima Allah Subhanahu wa Ta’ala. Thalabul 'ilmi diterima Allah subhanahu wa Ta'ala, Tilawah Al Quran diterima Allah Subhanahu wa Ta’ala. Infaq dan zakat fitrah diterima Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sholat idul fitri diterima Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seluruh amal diterima Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

Lalu bagaimana menjawab ucapan do'a /ucapan tersebut?

Dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)

Lalu, bagamaina sih tradisi masyarakat indonesia pada Hari Raya Idul Fitri?

Tradisi Masyarakat Indonesia Saat Hari Raya Idul Fitri.
1. Ketupat
Ketupat merupakan tradisi/makanan khas hari raya yang terbuat dari bahan pokok beras yang dimasukkan kedalam anyam daun pisang. Tak sedikit orang yang membuat anyaman ketupat itu lalu di jual di pinggir jalan. Nah, ketupat ini biasanya dihidangkan dengan opor ayam, soto, empal dll.

2. Salaman Keliling
Salaman keliling ini menjadi hal yang dinanti pada saat hari raya.  Membahagiakan, berkeliling bersalaman dengan sesama, saling memaafkan yang menghadirkan haru menenangkan, banyak senyum yang di terbarkan dan mata yang berbinar-binar karena bahagia. Tradisi ini menjadi saksi betapa harunya suasana hari raya ini. Sungguh indah, hari yang dapat merukunkan yang tidak rukun, mendekatkan yang jauh. Ada hal yang menarik juga pada saat salaman keliling ini yaitu pemberian THR. Benar-benar hal yang di nanti.

3. Berziarah
Berziarah menjadi salah satu tradisi masyarakat indonesia yang dilakukan pada hari raya setelah keliling bersalaman. Sehingga, banyak sekali pedagang bunga di pinggir jalan. Masyarakat berziarah pada hari raya itu semata-mata untuk berkunjung dan mendo'akan keluarga mereka yang telah berpulang.
LihatTutupKomentar