Holidays.......


Assalamu'alaiku wr. Wb sahabat muslim dafa
Cie lagi pada liburan ya? Hayoo... kegiatan apa nih yang kalian lakukan untuk mengisi waktu liburan? Semoga kegiatan yang bermanfaat ya 😊
Liburan memang menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap kalangan. Waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh dari rutinitas harian seperti bekerja, bersekolah, kuliah dan lain sebagainya.
Namun, sudah baikkah kita dalam mengisi waktu liburan ini? Mungkin bagi seorang santri, waktu liburan adalah waktu yang langka untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari kegiatan-kegiatan pesantren seperti mengaji dan lain sebagainya. Tidak hanya dipadatkan dengan kegiatan mengaji, tapi para santri memang dituntut untuk menjadi mandiri di pesantren. Jangan sampai waktu liburan ini kalian (para santri) habiskan untuk dijadikan ajang balas dendam seperti bermalas-malasan seharian suntuk karena tidak ada kegiatan seperti saat di pondok ya sahabat 😊. Sebagian besar orang mengisi waktu liburan dengan berburu tempat wisata, kuliner, atau sekedar berbaring di kasur seharian sambil menonton televisi atau mencari hiburan di youtube. Sahabat, jika kita mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang telah disebutkan diatas, itu berarti kita tidak bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Kenapa? Karena kita sebenarnya masih bisa melakukan kegiatan yang dapat membuahkan pahala namun kita tidak melakukannya. Lalu apa saja kegiatan untuk mengisi liburan yang dapat membuahkan pahala? Berikut beberapa kegiatan yang tidak hanya bermanfaat tapi juga dapat membuahkan pahala.
1. Meningkatkan pemahaman agama
Mulai dari peningkatan kualitas ibadah, hafalan ayat-ayat al-Qur'an, kajian hadist Nabi Muhammad SAW serta membaca kisah-kisah Nabi dan Rasul untuk menambah wawasan keagamaan.
2. Mempererat tali silaturahmi
Silaturahmi merupakan amalan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Mengisi waktu luang dengan bersilaturahmi kepada kerabat atau saudara sesama muslim sangatlah bermanfaat.
3. Memperbanyak ibadah
Seperti memperbanyak membaca Al-Qur'an, melaksanakan sholat sunnah disamping sholat fardlu, membantu sesama muslim dengan memperbanyak sedeqah dan lain sebagainya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

“Ada dua nikmat yang banyak membuat manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan nikmat waktu luang.”

Semoga kita bisa memanfaatkan waktu liburan dengan baik ya sahabat muslim dafa 😊
LihatTutupKomentar