Guru yang hebat terlahir dari murid yang ta'at - Santri Dafa

Guru yang hebat terlahir dari murid yang ta'at


Imam Abul Hasan As syadzili adalah seorang Ulama yang sangat Karismatik, bliau sangat masyhur dikalangan para sufi bahkan beliau dijuluki sebagai Ayah dari para Sufi.

Tidak heran jika beliau dijuluki dengan sebutan Ayah dari para sufi karna beliau memiliki seorang guru yang sangat Alim dan Arif Billaah, yaitu Al Imam Syaikh Abdussalam Ibn Masyisy.

Pernah disuatu hari Imam Abul Hasan As Syazili mendatangi guru beliau bertujuan tuk menimba ilmu kepadanya.

Namun dengan tegas dan lemah lembut Syaikh Abdussalam Ibn masisy memerintahkan beliau untuk Mandi terlebih dahulu. Dengan rasa ta'at beliau terhadap guru maka tanpa bertanya dan berfikir panjang dilaksanakanlah apa yang diperintahkan oleh guru beliau.

Setelah melaksanakan apa yang diperintahkan, beliau bergegas pergi tuk menjumpai gurunya.

Akan tetapi setelah jumpa dengan guru beliau, perintah yang sama dilontarkan kembali kepada Imam Abul Hasan As Syadzili.

Perintah ini terjadi bukan hanya sekali atau 2 kali tapi terjadi hingga berulang - ulang kali, sampai timbul rasa ingin tahu tentang rahasia dibalik perintah guru beliau.

Dengan rasa yang sangat berat hati Imam Abul Hasan As Syadzili memberanikan dirinya tuk bertanya kepada Guru beliau yang mulia, dengan suara yang lembut hampir tak terdengar Imam Abul Hasan As Syadzili mengatakan :
"Wahai guruku, aku telah menunaikan apa yang telah engkau perintahkan bahkan perintah tersebut saya lakukan dengan secara detail dari perkara-perkara wajib hingga perkara-perkara sunnah yang terkecilpun saya telah ikut sertakan didalam perintah tersebut, namun guru selalu melontarkan perintah yang sama kepada ku, apakah ada yang terlewatkan olehku wahai guru?"
Sambil tersenyum Guru mulia menjawab : "Wahai anakku, bukan memandikan jasadmu yang saya maksudkan, akan tetapi mandikan dan sucikan dahulu hati mu dari semua Najis yang menyangkut tentang Dunia, karna pada dasarnya hati mu adalah tempat singgah Rabb mu, maka sucikanlah ia dengan rasa Cinta kepada NYA sebelum engkau menimba ilmu kepada siapapun".

من حكم امام أبوالعزائم رضي الله عنه : "القلب بيت الرب فطهّره باالحب"

"Hati itu adalah tempat Singgah Rabb mu, maka jernihkanlah ia dengan rasa Cinta kepadaNYA."

(Maulana Syekh 'Ala Muhammad Musthofa Naimah Alhusaini RA)

Repost by : facebook sirojulmunir

Ingin Mendapatkan Info Setiap Hari?

Silahkan masukan Email anda untuk berlangganan Gratis

CONTAC ME

Sekertariat : Jl KH. Mahfudz No.23 Kel. Cijati RT 01 RW 05 Link Raharja E-Mail : santridafa5@gmail.com