10 Manfaat berwudhu sebelum tidur - Santri Dafa

10 Manfaat berwudhu sebelum tidur


Berwudhu, di samping bernilai ibadah juga bermanfaat besar bagi kesehatan dan memiliki Rahasia Tersembunyi. Secara tidak sadar, kita selalu menyepelekan hal berwudhu. Karena sesungguhnya berwudhu tidak sekedar membasahkan muka dari air saja.

Manfaat berwudhu sebelum tidur bagi tubuh, berikut ini beberapa diantaranya:

1. Bebas dari kuman jahat. 

Kuman jahat mampu tumbuh dan berkembang dimana saja. Bahkan di setiap gagang pintu anda, di atas sprei, maupun di tempat nonton televisi anda merupakan tempat perkembangan kuman yang baik. Oleh sebab itu, anda di haruskan untuk selalu dalam keadaan bersih. Apalagi ketika tdur.
Salah satu solusinya adalah dengan wudlu sebelum tidur. Penelitian terakhir menyebutkan bahwa wudlu mampu mengurangi kuman kuman yang hidup dalam tubuh anda.

2. Struktur wudhu memang menyehatkan. 

Wudhu berarti membersihkan diri anda. Baik dari kotoran, kuman, dan bakteri yang mengenai tubuh anda. Melakukan wudlu yang di mulai dari niat, lalu membasuh kedua tangan, berkumur, memasukkan air ke dalam hidung serta membasuh kepala sangat jelas berarti membersihkan anggota badan bagian atas.
Lalu di lanjutkan untuk membersihkan tangan sampai siku, lalu ke dua daun telinga, serta membersihkan kaki. Tata cara yang di sebutkan sangat baik untuk membantu anda menjaga dan merawat kesehatan tubuh.

3. Membantu menjaga kesehatan wajah. 

Jika pakar kecantikan menghimbau para wanita untuk mencuci muka sebelum tidur, maka Rasulullah menganjurkan untuk berwudhu sebelum tidur. Kedua sisi ini sebenarnya memiliki essensi sama, yakni membersihkan anggota badan bagian atas.

4. Semakin mendekatkan diri pada Illahi. 

Berwudlu merupakan salah satu bentuk ibadah tinggi. Sebab dengan wudlu kita senantiasa menjaga kebersihan diri. Sedangkan Allah menyayangi dan menyukai kebersihan. Anda pasti sudah tidak asing dengan hadits yang berbunyi Kebersihan adalah sebagian dari keimanan bukan? Yuk wudhu tiap malam

5. Di doakan oleh malaikat. 

Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Hibban menyebutkan bahwa seseorang yang berwudhu, ketika bangun ia akan di doakan malaikat. Simak berikut haditsnya :

Rasulullah Saw bersabda : 

“Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci". (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

6. Ketika mati, maka akan di anggap mati syahid. 

Dalam suatu kitab yang di tulis oleh Syekh Muhammad bin Umar An Nawawi Al Mantany dalam bukunya Tanqih al Qand al Hatsis menyebutkan bahwa seseorang yang berwudlu sebelum tidur mendapatkan manfaat. Yakni ketika ia meninggal maka dianggap mati syahid.

Dari Umar bin Harits bahwa Nabi bersabda : 

”barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu ,maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi allah”

Intinya adalah seseorang yang tidur dalam keadaan suci, berwudlu, maka ia akan memperoleh posisi tinggi di sisi Allah Subhanallah.

7. Merilekskan otot sebelum tidur. 

Ketika siang hari, pasti aktivitas yang anda lakukan sangat banyak. Untuk itu perlu dilakukan untuk merilekskan otot. Manfaat wudhu sebelum tidur adalah salah satu cara untuk merilekskan otot yang kaku setelah seharian bekerja keras. Bahkan secara psikologis, seseorang yang telah melakukan wudlu akan nampak lebih rileks. Serta badan anda akan terasa segar kembali.

8. Mampu mencerahkan kulit. 

Anda tak perlu membeli peralatan make up yang mahal untuk mendapatkan wajah yang cerah. Sebenarnya dengan berwudlu sebelum tidur juga mampu mencerahkan kulit wajah anda. Sebab menurut pakar kecantikan berwudlu di percaya mampu menghilangkan noda membandel. Dengan begitu wajah anda lebih nampak segar dan bersih.

9. Di sunnahkan oleh Rasulullah SAW

Pernah sahabat Nabi, yakni al Bara’ bin Azib RA menyampaikan bahwa Rosulullah SAW pernah bersabda kepada dirinya.

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukahri dan Muslim).

Anda masih ragu pada manfaat wudhu sebelum tidur? Tinggalkanlah keraguan tersebut!

10. Bentuk dan upaya menstimulus syaraf pusat. 

Menurut penelitian yang di lakukan oleh Prof. Leopold Warner Von Ehrenfels, beliau adalah psikiater sekaligus ahli di bidang neurology dari Austria mengakui sesuatu yang istimewa ketika seseorang berwudlu. Pusat syaraf manusia yang paling peka adalah pada bagian tangan, kaki serta sebelah dahi. Ketiga bagian ini bisa di katakana sangat sensitif dengan keberadaan air segar. Sehingga ketika anda membasuh ketiga bagian tersebut, secara tidak langsung anda membangunkan dan menstimulus syaraf pusat.

Ini adalah sebuah hal yang kecil akan tetapi membawa banyak sekali manfaat yang diperoleh. Maka dari itu selagi mampu menyempatkan waktu kita untuk berwudhu sebelum tidur maka berwudhulah. Jadikan itu sebuah kebiasaan layak untuk beribadah kepada Allah Swt. 

Allahumma Shalli 'Alaa Sayyidina Muhammad Wa 'Alaa Aali Sayyidina Muhammad.

Want to get Attractive Offer Info?

Enter your email and get attractive offers from us

Pellentesque aliquam diam libero, eget aliquet neque facilisis sed. Nunc ornare suscipit velit, sit amet condimentum lorem posuere ut. Aliquam vehicula lacus tellus, eget mollis odio iaculis mattis.